Sulung: Bagaimana menghadapi Kritik Negatif

25 - 05 - 2010 | News and Twitter | Sulung Landung

Berada dalam ruang lingkup bisnis entertainment, kita selalu berusaha agar bisa dikenal oleh publik. Beragam cara untuk itu, mulai dengan menulis blog seperti ini, “berkicau” dengan menggunakan media sosial seperti facebook dan twitter, sampai dengan bertemu dan meluangkan waktu santai dengan klien.

Sayangnya, semakin banyak bertemu dan membuat diri kita dikenal di luar sana, semakin kita membuka diri untuk publik. Dan tidak menutup kemungkinan Anda juga membuka diri untuk orang-orang yang tidak setuju dengan pekerjaan, tulisan dan pikiran kita.

Meskipun kita semua tahu bahwa kritik tidak sama dengan penolakan, namun kritik negatif bisa sangat mengganggu dan menyakitkan.

Jadi bagaimana seorang Sulung Landung yang telah tahunan berkecipung di dunia ini menghadapi kritik negatif tapi tetap bereaksi secara profesional?

“Dibutuhkan kesiapan mental dan kebesaran hati untuk dealing dan bersahabat dengan kritik kritik yang negatif di dunia hiburan. Dalam industri ini kritik sangat gampang terjadi dan selalu berasal dari mulut ke mulut. Biasanya selalu ditambah dengan bumbu sehingga menjadi semakin “renyah” kata Sulung landung (Founder dan Director Avatara88)

Sulung bahkan menambahkan:

“Memang tidak mudah berurusan dengan kritik. Ia bahkan bisa menjadi lebih sulit ketika kita tahu bahwa kita benar. Awal saya masuk ke industri ini bermodalkan passion yang tinggi dan idealisme untuk memberikan warna dan kontribusi. Bohong kalo saya bilang saya tidak pernah down, stress, terpukul mendengar atau menghadapi kritik negatif baik terhadap diri saya maupun talent-talent yang bergabung di Avatara88. Akan tetapi seperti kata pepatah Pengalaman adalah guru yang terbaik untuk menghadapi dan melewati semua ini. Saya selalu learning by doing dalam menghadapi semua masalah, sampai sekarang.”

Tapi, jangan biarkan hal itu merusak semangat Anda. Jangan biarkan orang lain mempengaruhi jalan Anda. berikut beberapa tips yang diberikan Sulung Landung agar dapat mengatasi dan berdamai dengan kritik:

Don’t take it personally.
Mereka mungkin tidak senang dengan pekerjaan dan pikiran Anda, namun itu belum tentu berarti mereka menyerang pribadi Anda.

Tetap Tenang
Ambil napas dalam-dalam. Bahkan jika orang tersebut memancing untuk bertengkar, tetap tenang. Berkelahi dengan orang seperti ini dapat merusak reputasi dan membuat kita terlihat seperti tokoh antagonist.

Mereka mungkin benar dan kita mungkin salah
Cobalah untuk melihat kritik secara objektif sehingga kita bisa mengubahnya menjadi sesuatu yang baik. Pikirkan, apakah yang akan terjadi jika kita mencoba untuk mengikuti saran mereka? Jika kritik tersebut berasal dari seorang pakar, cobalah untuk melihat apakah hal itu akan membuat kita lebih baik.

Bagaimana kalau kita benar?
Apakah layak berdebat atau hanya akan membuang-buang waktu berharga kita? Mungkin lebih baik jika kita tenang dan berperilaku profesional. Jelaskan pandangan Anda dan mengapa Anda percaya bahwa opini Anda benar. Jangan berteriak.

Jangan diambil pusing
Jika semua usaha Anda di atas gagal, jika kritik tersebut bukan merupakan sesuatu yang bisa membuat Anda semakin baik, maka tidak perlu terlalu diperhatikan. Anggap saja angin lalu. Tidak ada gunanya mengkhawatirkan apa yang mereka pikirkan, atau menghabiskan hari Anda untuk mengubahnya. Tenang dan terus maju.

Sekarang, bagaimana dengan Anda? Apa yang biasa Anda lakukan? Ayo berbagi dengan kami.